Sunday, June 3, 2007

Kisi-Kisi UAS 5

Apa, Kenapa, Mengapa Dream/Visi

Pikiran adalah sesuatu yang konkrit:
o Conscious - Subconscious – Super conscious mind
o Reticular Activator System [RAS]
o Left Brain – Logic
o Right Brain – Creativity
o Afirmasi:
o Saya bisa mendapatkan …..
o Saya berhasil mendapatkan ….
o Saya yakin berhasil mendapatkan ….
o Positip thinking
o Hanya kata-kata positip yang dapat diolah oleh otak kita:
o Saya tidak akan merokok lagi besok… [gagal menghentikan kebiasan meroko]
§ Saya berhasil berhenti merokok …
§ Saya berhasil berhenti merokok pada hari minggu tanggal 30 Maret 2003
o Saya tidak akan membolos lagi …… [gagal menghentikan kebiasaan membolos]
o Saya yakin berhasil menghentikan kebiasan membolos hari ini
o Saya yakin telah berhasil menghentikan kebiasaan membolos
o Thinking big
o Magic of thinking big
o Power of big dream:
o Kekuatan impian anak seorang pembersih kandang kuda
o Kekuatan impian Thomas Alfa Edison
o Kekuatan impian dari Jules Verne
o Kekuatan impian dari Ciputra
o Kekuatan impian dari Walt Disney
o Kekuatan impian dari Soekarno-Hatta

Setiap bisnis yang sukses dimulai dari sebuah impian/ide yang besar dan mustahil:
o Success is related to the quality and quantity of new ideas
o Everything can be improved by at least 10 per cent
o Einstein menggunakan hanya 3 persen kemampuan otaknya
o Rata-rata manusia hanya menggunakan rata-rata 2 persen kemampuan otaknya
o Kesuksesan didunia bisnis dan hidup hanyalah masalah mental dan selalu dimulai oleh ide
o Semua dimulai dari keyakinan = mental law of belief
o Kalau anda yakin anda bisa anda pasti bisa
o Kalau anda yakin anda sakit anda pasti sakit
o Kalau anda yakin anda gagal anda pasti gagal
o Kalau anda yakin anda pemenang anda adalah pemenang
§ Juara di Olimpiade biasanya runner up di olimpiade sebelumnya
§ Juara di Olimpiade berpikir bahwa dirinya adalah pemenang
§ Semua atlet di Olimpiade mempunyai kemampuan fisik berimbang, namun kemampuan mental yang berbeda.
o Impian = Ide = Uang
o Ide = Kreatifitas
o Memunculkan kreatifitas dengan Goal Setting. Kreatifitas akan muncul dengan adanya goal setting yang sangat jelas dan waktu pencapaian yang telah pasti.
o Goal dalam karir – bisnis
o Goal dalam pengembangan pribadi
o Goal untuk diri sendiri dan keluarga
o Kreatifitas timbul dengan mengidentifikasikan hambatan/kendala.
o Lateral thinking:
o Reversal. Anda tidak mendapat uang kuliah dari orang tua, anda diusir dari rumah. Pacar anda memutuskan mempunyai pacar lain. Ujian anda nilainya F, anda sudah kehabisan waktu kuliah. Anda tidak mempunyai pengalaman kerja dan bisnis.
o Random. Bisnis saya sangat datar karena ……….., kuliah saya sangat membosankan karena…………, teman-teman saya sangat hebat karena………, kuliah wirausaha sangat hebat karena………, menjadi arsitek membuat saya tampak hebat karena………. .
o Shift the dominant. Kenapa hanya 10% nilai saya yang bagus. Sebaliknya kenapa 90% nilai saya jelek? Saya mendapatkan tambahan uang saku Rp 500.000/bulan. Sebaliknya apa yang membuat saya kehilangan tambahan uang saku Rp 500.000/bulan.
o Fantasize. Berpikir dengan what if ?

Semua dimulai dari sikap = ATTITUDE
o Rumus dari sukses = Knowledge/skill x attitude = result
o Success = W x S x D ; Work x System x Dream
o Success = A x B x C x D ; Alat x Bekerja x Cita-cita x Doa
o ATTITUDE = 100

No comments: