Sunday, June 3, 2007

Kisi-Kisi UAS Kelas XI IS SMUN 60

Perencanaan Bisnis, aspek-aspek yang perlu diperhatikan:

1. Aspek Manajemen atau Aspek Organisasi, terdiri dari:

a. Struktur Organisasi

Adalah suatu bagan yang menggambarkan tentang tanggung jawab jabatan yang ada dalam perusahaan atau usaha yang akan dibuat. Dalam usaha tidak dikenal jabatan ketua, pemilik, pengelola atau owner yang ada adalah Komisaris, Direktur, Manager, Supervisor, Staf, Karyawan, dll.

b. Job Describtion

Adalah penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan. Fungsi job describtion dalam suatu usaha adalah agar jelas pembagian tugasnya.

Contoh: Job Describtion dari seorang Kasir adalah, mendata dan menghitung setiap transaksi pembelian yang terjadi, bertanggung jawab atas keuangan minimarket sehari-harinya.

c. Job Selection

Adalah penjelasan tentang proses perekrutan karyawan, persyaratan yang harus dipenuhi calon karyawan dan keterangan lainnya yang berkaitan dengan rekrutmen karyawan.

d. Kompensasi

Adalah penjelasan tentang system penggajian, mulai dari system gaji yang digunakan, besarnya gaji, insentif dan bonus yang ditawarkan, serta waktu pembayaran gaji.

e. Penjadwalan Kerja

Adalah jadwal yang dibuat untuk mengetahui tugas-tugas yang harus dilakukan masing-masing jabatan setiap harinya.

2. Aspek Operasional, terdiri dari:

a. Tata Letak atau Lay Out Tempat Usaha

Adalah suatu gambar yang menjelaskan tentang letak-letak dan ruangan-ruangan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut.

b. Peralatan, Bahan Baku dan Perlengkapan yang digunakan.

· Peralatan: adalah semua barang-barang yang digunakan untuk membuat produk tersebut dan hanya dibeli pada saat memulai usaha, perluasan usaha dan apabila perlatan yang ada sudah rusak sehingga harus diganti. Contoh: untuk usaha fotocopy maka peralatan yang digunakan adalah mesin fotocopy, meja, kursi, alat laminating, etalase kaca, dsb.

· Bahan Baku adalah semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat suatu barang atau produk. Apabila usaha yang dijalankan adalah pejualan atau jasa maka bahan bakunya tidak ada tetapi diganti dengan barang yang dijual: misal toko olahraga menjual raket, bola, net, dll. Sedangkan jasa, misalnya salon, untuk creambath memerlukan krem rambut, shampoo, conditioner, air, dll.

· Perlengkapan adalah barang-barang digunakan untuk melengkapi penjualan, perlengkapan adalah barang-barang yang mudah habis sesuai dengan penjualan yang terjadi dan jika habis harus dibeli lagi. Contoh usaha took buku perlenggkapan yang diguinakan adalah: kantong plastic, bon atau struk untuk bukti pembayaran.

c. Proses Produksi dan Rencana Produksi

Adalah berisi cara membuat atau proses dari bahan baku sehingga menjadi barang jadi. (proses pembuatan) dan juga tentang berapa banyak yang akan dihasilkan.

3. Aspek Pemasaran, terdiri dari

a. Analisis SWOT

· Strength (S): Kekuatan yang dimiliki oleh usaha yang akan dijalankan. Mis: Usaha: Rental Play Station, kekuatannya adalah kaset permainan yang selalu up to date/ terbaru. Harga lebih murah. Terdapat paket-paket rental yang menarik. Ada Kompetisi.

· Weakness (W): Kelemahan yang dimiliki oleh usaha yang dijalankan. Contoh: Masih Rental PS, kelemahannya adalah jumlah unit Play Station yang terbatas, Jauh dari warung. Sb.

· Opportunity (O): Peluang dari usaha yang akan dijalankan. Mis: Usaha Rental Komputer dan Jasa pengetikan, peluangnya adalah masih banyak orang yang tidak memiliki computer, dan juga banyak yang tidak bisa menggunakan computer. Harga listrik yang makin mahal sehingga membuat orang berfikir kembali jika ingin membeli computer.

· Threat (T); Hambatan dari usaha yang ingin dijalankan, misalnya: usaha Burger, hambatannya adalah lingkungan sekitar tidak terbiasa dengan makanan barat.

b. Segmentasi dan Pembagian Pasar

Contoh: usaha Rental PSII, segmentasinya adalah untuk anak usia 7-20 th yang memiliki uang saku +/- Rp. 5000 perhari, yang tinggal atau bersekolah +/- 100 m dari tempat usaha. Pembagian Pasar disini maksudnya adalah dari semua konsumen rental PS2 berapa persenkah yang akan bermain di rental kita. Mis: di sekitar tempat usaha diperkirakan ada 1000 orang anak yang termasuk dalam segmentasi pasar rental kita, dan ada 10 rental PS2 yang berada disekitar tempat uisaha kita maka pembagian pasarnya adalah sebesar 100%: 10 rental = 10% atau sebanyak 100 orang konsumen.

c. Bauran Pemasaran, teriri dari 4P, yaitu:

· Product adalah barang atau jasa apa saja yang akan dijual dalam usaha yang akan dijalankan. Ukuran produk juga disebutkan.

· Price adalah berapa harga yang ditawarkan untuk barang dan jasa yang akan dijual.

· Place: adalah dimana tempat yang dipilih untuk menjalankan usaha tersebut.

· Promotion: adalah cara apa yang akan dipakai untuk mempromosikan barang atau jasa yang akan dijual.

d. Strategi Pemasaran

Adalah semua hal yang akan dilakukan oleh pengusaha untuk memasarkan produknya, contoh: untuk memulai usaha kue-kue kecilnya, Anna menitipkannya ke warung-warung yang ada di dekat tempat tinggalnya, selain itu ia juga memberikan tester bagi pelanggannya. Hal lain yang ia lakukan adalah mencoba menawarkan kue-kue kecilnya kepada tetangga2nya yang akan mengadakan suatu acara atau pesta, seperti arisan, pesta ulang tahun atau pernikahan, selamtan, dll.

4. Aspek Keuangan, terdiri dari:

a. Investasi Awal

Adalah semua uang yang kita keluarkan untuk membuat usaha kita namun tidak termasuk biaya2 yang akan kita keluarkan setiap bulannya. Contoh untuk memulai usaha Rental PS 2, maka investasi awal yang diperlukan adalah:

5 Buah PS2 @ Rp. 1.500.000………………… Rp. 7.500.000

5 Buah TV 21” @Rp. 500.000……………….. Rp. 2.500.000

6 Buah Meja @ Rp. 50.000…………………... Rp. 300.000

12 Buah Kursi @ Rp. 25.000………………… Rp. 300.000

Kabel dll……………………………………… Rp. 100.000

100 buah Kaset PS2 @ Rp. 5.000……………. Rp. 500.000

Renovasi Kios………………………………... Rp. 3.000.000+

Total Investasi Awal………………………… Rp.14.200.000

b. Biaya Operasional:

Adalah semua biaya yang harus dikeluarkan setiap hari/ bulan/ tahunnya agar usaha dapat berjalan. Termasuk di dalamnya adalah biaya bahan baku dan biaya perlengkapan. Contoh: biaya operasional rental PS 2 setiap bulannya adalah:

Biaya utama:

· Sewa Kios……………………………… Rp. 500.000

· Biaya Listrik……………………………. Rp. 400.000

· Gaji Pegawai…………...………………. Rp. 400.000

· Biaya Perawatan……………………….. Rp. 200.000

Rp.1.500.000

Biaya Perlengkapan

· 20 buah Kaset PS2 @Rp. 5.000………... Rp. 100.000

· 4 buah Stik PS cadangan @ Rp. 30.000.. Rp. 120.000

· 8 buah batu baterai @ Rp. 1.000......…... Rp 8.000

Rp. 228.000

Total biaya Operasional perbulannya: biaya utama + biaya perlengkapan = Rp 1.500.000 + Rp. 228.000 = Rp. 1.778.000

c. Estimasi Pendapatan

Adalah memperkirakan berapa pendapatan atau penjualan yang kita terima tiap bulannya. Contoh: Usaha Rental PSnya beroperasi 8 jam kerja setiap harinya. Tarif perjamnya adalah Rp. 2.500. Maka pendapatan perbulannya adalah:

Pendapatan dari Rental PS2

5 unit x 8 jam operasi x Rp. 2.500 x 30 hari = Rp 3.000.000.

d. Estimasi Keuntungan

Adalah memperkirakan berapa keuntungan yang diperoleh dalam menjalai usaha tersebut. Keuntungan adalah pendapatan dikurangi biaya operasional. Contoh: Keuntungan dari rrental PS diatas adalah:

Pendapatan Rental PS2 per bulan……………… Rp. 3.000.000

Biaya Operasional per bulan…………………… Rp. 1.778.000

Keuntungan per bulan Rp. 1.222.000

e. Sumber Pendanaan

Adalah semua sumber yang dapat mendanai kita untuk membuka usaha tersebut.. Untuk usaha dagang atau jasa, sumbernya bisa berasal dari modal sendiri, pinjaman, hibah, investor. Untuk mengadakan acara bisa bersumber dari donator, sponsor ataupun kas panitia alias modal sendiri.

No comments: